PT. PANJI WIRA SURYA MANDIRI

PANJI merupakan produsen Dolomite, Kapur Pertanian, Calcium Carbonate, Hydrated Lime, Quick Lime dan Clay. Lokasi Pabrik dan Gudang berada di Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara. Info dan Pemasaran : 0852-6591-8610

Kamis, 11 Juni 2020

Quick Lime

Quick Lime
(Calcium Oksida (CaO)/Kapur Tohor/Kapur Api/Kapur Aktif)

Calcium Oksida (CaO) merupakan kristal basa, kaustik, zat padat putih pada suhu kamar. Istilahyang luas digunakan “Kapur Tohor/Kapur Api/Kapur Aktif” berkonotasi bahan anorganik yang mengandung kalsium, yang meliputi karbonat, oksida dan hidroksida kalsium, silikon, magnesium, aluminium, dan besi mendominasi, seperti batu gamping.

Nama IUPAC Quick Lime ialah Calcium Oksida/ CaO, nama lainnya Kapur Bakar, Kapur Tohor/Kapur Api/Kapur Aktif.

Adapun sifat-sifatnya adalah:
Rumus molekul: CaO
Berat molekul: 56,0774 gr/mol
Penampilan: Serbuk putih sampai kuning pucat/coklat
Bau: Tidak berbau
Densitas: 3,34 gr/cm3
Titik lebur: 2613 °C, 2886 K, 4735 °F
Titik didih: 2850 °C, 3123 K (100 hPa)
Kelarutan dalam air: 1,19 g/L (25 °C); 0,57 g/L (100 °C); reaksi eksoterm
Kelarutan dalam asam: Larut (juga dalam gliserol, larutan gula)
Kelarutan dalam methanol: Tidak larut (juga dalam dietil eter, n-oktanol)
Keasaman (pKa): 12,8
Entropi molar standar So298: 40 J·mol−1·K−1
Entalpi pembentukan standar ΔfHo298: −635 kJ·mol−1
Titik nyala: Tidak terbakar


KEGUNAAN
Kapur mentah menghasilkan energi panas dengan pembentukan hidrat, kalsium hidroksida, dengan persamaan sebagai berikut:

CaO (s) + H2O (l) = Ca(OH)2 (aq) (ΔHr = −63.7 kJ/mol CaO)

Seperti hidrat, sebuah hasil reaksi eksotermis dan zat padat membengkak. Hidrat dapat diubah menjadi kapurmentah dengan menghilangkan air dengan memanaskannyasampai kemerahan untuk membalikkan reaksi hidrasi. Satu liter air yang bergabung dengan sekitar 3,1 kilogram (6,8 lb) dari kapur untuk memberikan kalsium hidroksida ditambah 3,54 MJ energi. Proses ini dapat digunakan untuk menyediakan sumber panas portabel nyaman, seperti untuk pemanasan makanan dengan segera dalamtempat pemanasan sendiri.

Dalam industry budidaya udang , Quick Lime/ Calcium Oksida( CaO) popular digunakan sebagai zat basa untuk mengantisipasi penurunan pH air kolam akibat hujan. Biasanya kapur Quick Lime/ Calcium Oksida( CaO) ditaburkan di lereng tepi kolam udang di musim hujan.

Pemberian Quick Lime/ Calcium Oksida( CaO) pada tambak dan kolam biasanya dilakukan oleh pembudidaya dengan tujuan untuk menaikkan tingkat pH air, meningkatkan kesuburan tambak/kolam, atau membunuh parasit sumber penyakit dalam tambak/kolam. Sebenarnya pemberian Quick Lime/ Calcium Oksida( CaO) pada tambak dan kolam adalah cara untuk meningkatkan alkalinitas agar pH air menjadi lebih stabil.

Quick Lime/ Calcium Oksida( CaO) dan Hydrated Lime (CaOH/ Calsium Hydroxide) biasa digunakan sebagai desinfektan pada masa persiapan tambak/kolam untuk membunuh hama dan parasit yang mengganggu pertumbuhan ikan atau udang.


Info & Pemasaran : 085265918610

Tidak ada komentar:

Posting Komentar