PT. PANJI WIRA SURYA MANDIRI

PANJI merupakan produsen Dolomite, Kapur Pertanian, Calcium Carbonate, Hydrated Lime, Quick Lime dan Clay. Lokasi Pabrik dan Gudang berada di Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara. Info dan Pemasaran : 0852-6591-8610

Selasa, 19 April 2016

Cara Membuat Media Tanam Pot Yang Baik

Cara membuat media tanam untuk budidaya aneka tanaman hias, sayuran dalam pot atau polybag sangat penting untuk diketahui, agar apa yang kita budidayakan atau usaha penangkaran bibit memberikan hasil yang maksimal. Media tanam yang baik merupakan kunci penting untuk kesehatan dan kesuburan tanaman, berbeda dengan cara bercocok tanam di lahan pertanian pada umumnya. Pembuatan media tanam (METAN) harus kita perhatikan bahan-bahan apa saja yang akan kita campurkan untuk mengisi pot yang menjadi wadah tanaman kita, agar mampu tumbuh secara maksimal.
Perbandingan Campuran Media Tanam Pot


Faktor penyebab tanaman dalam pot tidak dapat tumbuh dengan baik, karena berbagai alasan. Namun secara umum yang menjadi pemicu tersebut biasanya dari media tanam yang kita gunakan untuk mengisi polybag atau pot. Agar memiliki tanaman tumbuh subur yang menggunakan pot dan polybag cara terbaik adalah mengetahui campuran media tanam dengan perbandingan yang tepat.

Nah, untuk mengetahui takaran atau komposisi bahan-bahan yang akan di buat sebagai media tanam dalam pot (Tabulampot) atau budidaya tanaman dalam polybag yang baik silakan simak artikel di bawah ini hingga akhir :) . 

Cara Membuat Media Tanam


Cara atau langkah yang harus anda tempuh sebelum mencampur adalah mengumpulkan semua bahan-bahan terbaik sebagai media tanam antara lain:

 1- Kompos / Bokashi (pupuk kandang terfermentasi)
2 - Arang sekam atau arang dari bahan lain (kayu, serbuk gerajen dll)
3 - Cocopeat atau sabut kelapa yang dihaluskan
4- Tanah (sebaiknya hidari tanah berlempung)
5 - Pasir
6- dolomit / kapur pertanian secukupnya


Cara Pembuatan


Setelah memiliki semua bahan Bokashi, Arang sekam,  Cocopeat, dolomit dan pasir langkah selanjutnya adalah menakar semua bahan dengan perbandingan 1:1:1:2:1. Dengan rincian adalahkompos 1 bagian, arang sekam 1 bagian, Cocopeat 1 bagian, Tanah 2 bagian, Pasir 1 bagian. Agar media tanam memiliki kualitas terbaik untuk tanaman anda, campur keseluruhan bahan secara merata.

Dosis atau takaran kapur pertanian lebih kurang 1-2 sendok makan untuk pot berdiameter 50 Cm, jadi pemberian Kaptan/dolomit sesuaikan dengan campuran media tanam yang akan anda buat.

Manfaat Bahan-bahan Media Tanam



Bokashi


Manfaat Bokashi sebagai media tanam dalam pot adalah mampu untuk memperbaiki sifat kimia dan biologi, dapat meningkatkan produksi tanaman serta menjaga kesuburan & kesehatan fisik tanaman. Manfaat lain dari penggunaan kompos / bokashi mencukupi segala kebutuhan unsur baik miro atau makro yang dibutuhkan tanaman.


Arang sekam


Manfaat yang di dapat dari menggunakan arang sekampada media tanam adalah efek yang telah diketahui meningkatkan ketersediaan unsur fosfor (P). Penambahan arang sekam pada media tanam atau tanah pertanian juga meningkatkan sistem pertukaran udara pada zona akar tanaman.

Cocopeat


Manfaat penggunaan cocopeat sebagai bahan campuran pembuatan media tanam ternyata memiliki dampak positif bagi kesehatan tanaman. Cocopeat memiliki kelebihan memperbaiki aerasi pada media tanam serta kemampuan menyimpan air 6 kali lipat dari volume / berat kering. Yang pada akhirnya dengan menggunakan debu dari sabut kelapa dapat mengurangi intensitas penyiraman.




Dolomit


Ketika  DOLOMITE HALUS PANJI  atau  KAPUR PERTANIAN GK  ditambahkan sebagai campuran media tanam, akan membawa dampak baik bagi pH media tanam dari asam mendekati ke netral. 


Jika pH media tanam mendekati netral maka dapat meningkatkan aktivitas organisme untuk menguraikan bahan-bahan organik lainnya. Dampak terbaik akan didapat yang akhirnya memperbaiki struktur media tanam juga dapat membantu menghindari pencucian unsur hara dalam media tanam pot atau plybag.

Akhir kalimat sampai di sini artikel tentang Cara Membuat Media Tanam Pot Yang Baik, Jika ada yang kurang dalam tulisan ini silakan berbagi ide dan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba semoga sukses,  



MARKETING  & INFO :



Hery Sunardi / 0852 6591 8610
email : hery.sunardi@hotmail.com

Danny Liangga / 0852 0762 9988
email : dannyliangga@rocketmail.com

Deni Alisandi Siregar/ 0813 7522 9955

Tidak ada komentar:

Posting Komentar