PT. PANJI WIRA SURYA MANDIRI

PANJI merupakan produsen Dolomite, Kapur Pertanian, Calcium Carbonate, Hydrated Lime, Quick Lime dan Clay. Lokasi Pabrik dan Gudang berada di Tanjung Morawa, Deli Serdang, Sumatera Utara. Info dan Pemasaran : 0852-6591-8610

Minggu, 17 April 2016

Moulting atau Proses Penggantian Cangkang

Moulting / Proses Penggantian Cangkang
Moulting adalah proses pergantian cangkang pada udang (crustacea) dan terjadi ketika ukuran daging udang bertambah besar sementara eksoskeleton tidak bertambah besar karena eksoskeleton bersifat kaku, sehingga untuk menyesuaikan keadaan ini udang akan melepaskan eksoskeleton lama dan membentuk kembali dengan bantuan kalsium. Semakin baik pertumbuhannya semakin sering udang berganti cangkang. Inilah yang kemudian dikenal sebagai pertumbuhan.


Mineral dalam tubuh udang berperan dalam pembentukan jaringan, proses metabolisme, pigmentasi dan untuk mempertahankan keseimbangan osmisis cairan tubuh dengan lingkungannya. Kebutuhan udang akan unsur Ca (Calcium) dan P (Fosfor/Phosphor) yang optimum. Kelebihan mineral dalam tubuh akan dapat menurunkan laju pertumbuhan dan mengganggu pigmentasi udang.


Ada 2 hal terpenting dalam proses molting yaitu;
1. Melunaknnya lapisan kutikula yang lama yang terlepas dari epidermisnya
2. Pertumbuhan kutikula baru  yang  menggantikan kutikula lama  dan  diawali dengan 
    pembentukan  lapisan tipis dan elastis yang memungkinkan  pemanjangan tubuh    
    sebagai  tanda  pertumbuhan
                                                          
Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan molting bergantung pada jenis dan umur udang. Nafsu makan udang mulai menurun pada 1-2 hari sebelum molting dan aktivitas makannya berhenti total sesaat akan molting. Persiapan yang dilakukan udang sebelum molting yaitu menyimpan cadangan makanan berupa lemak di dalam kelenjar pencernaan (hepatopankreas).


Moulting pada udang ditandai dengan seringnya udang muncul ke permukaan air sambil meloncat-loncat. Gerakan ini bertujuan untuk membantu melonggarkan kulit luar udang dari tubuhnya. Gerakan tersebut merupakan salah satu cara mempertahankan diri karena cairan molting yang dihasilkan dapat merangsang udang lain untuk mendekat dan memangsa (kanibalisme). Pada saat moulting berlangsung, otot perut melentur, kepala membengkak, dan kulit  luar  bagian  perut  melunak. Dengan  sekali  hentakan, kulit  luar  udang  dapat terlepas.


Udang mempunyai kerangka luar yang tidask elastis , karena itu jika tumbuh harus harus membuang kulit luarnya dan menggantinya dengan kulit baru. 

Proses penggantian kulit berlangsung secara periodik dan lebih sering menjelang udang dewasa. 

Kulit udang terdiri dari unsur kalsium dan kapur karena itu ketersedian kalsium dalan air kolam sangat mendukung  proses penggantian kulit (molting) terutama bagi udang muda yang mengalami proses pertumbuhan. 

Proses moulting ini menghasilkan peningkatan ukuran tubuh  dan setelah kulit luarnya keras, ukuran tubuh udang tetap sampai pada siklus moulting berikutnya.

Kalsium / Calcium merek PANJI  S1000 (800 mesh) dapat mencukupi kebutuhan kalsium udang pada saat moulting ( penggantian cangkang)dan kebutuhan kalsium pada ikan . Kalsium merek PANJI  S 1000 memiliki ukuran kehalusan 800 mesh dan kandungan kalsium 96,8 % berdasarkan hasil uji Laboratorium Penguji Badan Riset dan Standarisasi Industri Medan.

Keunggulan Kalsium S1000 PANJI: 

 1. Mempertahankan integritas sel dan keseimbangan asam-basa 
 2. Sangat mudah larut dalam air dan sebagai komponen utama  serta  
     mencukupi kebutuhan kalsium pada udang pada saat moulting
 3. Mencukupi kebutuhan kalsium pada pembentukan cangkang pada udang    
     dan menguatkan sisik ikan dalam masa pertumbuhannya
 4. Sebagai komponen utama pembentuk kerangka tubuh, gigi, kulit, tulang dan sisik ikan 
 5. Membantu penyerapan vitamin B12 dan menjaga keseimbangan osmotik
 6. Membantu kontraksi dan relaksasi otot, transmisi impuls syaraf, pembekuan dan 
     pengentalan darah 


Pemberian Kalsium dilakukan setelah ikan/udang dipelihara selama 2 bulan dengan cara
Kalsium S1000 Panji disebar langsung secara merata ke dalam petakan air tambak.






MARKETING  & INFO :
Hery Sunardi / 0852 6591 8610
email : hery.sunardi@hotmail.com
Danny Liangga / 0852 0762 9988

Deni Alisandi Siregar/ 0813 7522 9955

Tidak ada komentar:

Posting Komentar